Pernah menggunakan komputer tiba-tiba mouse Anda rusak dan tidak bisa digunakan? Tentu ini akan sangat mengganggu pekerjaan, karena mouse merupakan salah satu bagian dalam komputer yang sangat penting, yakni untuk menggerakan kursor.

Bayangkan saja ketika Anda sedang mengerjakan suatu yang penting, tiba-tiba hal itu terjadi. Tentunya rasa kesal bercampur bingung akan terasa. Jika Anda mengalami hal tersebut, maka sekarang tak perlu khawatir lagi, karena ada fitur Remote Desktop.

Apa itu fitur Remote Desktop? Remote Desktop merupakan salah satu fitur yang dapat difungsikan untuk mengontrol komputer melalui Smartphone atau komputer lainnya dengan tujuan untuk mengawasi serta mendapatkan akses ke semua aplikasi dan file yang ada dalam komputer tujuan.

Lalu bagaimana untuk menjalankan Remote Desktop tersebut? Maka Anda membutuhkan sebuah aplikasi, yakni bisa didapatkan dari Play Store di Smartphone Android Anda. Adapun aplikasi Remote Desktop yang bisa digunakan yakni:

  1. AnyDesk

Aplikasi AnyDesk merupakan aplikasi Remote Desktop yang paling cepat dalam urutan nomor 4. Dimana kecepatan aplikasi ini bisa mencapai transfer frame hingga 60 fps. Dengan demikian, maka AnyDesk mampu menggerakan layar komputer dengan sangat cepat dan pergerakan yang halus.

Disamping itu, aplikasi AnyDesk ini juga tergolong sengat ringan, yakni hanya berukuran 1 MB saja. Selain itu aplikasi in juga telah didukung dengan enkripsi TLS yang akan mendukung akses ke berbagai program serta file yang ada di komputer, termasuk layanan untuk transfer file.

Dengan demikian, jika Anda bekerja dalam bidang multimedia serta ingin melakukan monitoring pekerjaan, maka AnyDesk merupakan aplikasi yang sangat tepat untuk digunakan.

  1. Remote PC

Aplikasi remote PC ini menawarkan fitur remote desktop  yang mudah. dimana Anda hanya perlu menginstal aplikasi saja, kemudian melakukan share ID yang degenerate secara otomatis maka komputer akan terhubung dengan aplikasi ini.

Selain itu, Anda juga bisa merekam sesuai remote desktop yang berjalan, chatting, melakukan print, bahkan transfer file. Sama halnya dengan jenis aplikasi sebelumnya, Remote PC ini juga dilengkapi dengan enkripsi AES.

  1. Ammyy

Ammyy merupakan aplikasi lain yang bisa digunakan untuk melakukan Remote Desktop. Dimana aplikasi ini bisa digunakan untuk mengontrol server serta klien dengan sangat mudah. yakni hanya dengan menginstal aplikasi, kemudian masukan ID yang degenerate secara otomatis, maka Remote Desktop siap dijalankan.

Untuk penggunaannya, Ammyy ini bisa digunakan untuk menghapus, edit, copy, tambah, serta resume atau pause download dan chatting.

  1. Splashtop

Splashtop adalah aplikasi remote desktop yang menawarkan fitur Remote Desktop seperti aplikasi lainnya. kelebihan dari aplikasi ini adalah, mudah diakses oleh berbagai perangkat, bik itu berbasis Windows maupun Mac atau Android. Sedangkan untuk kegunaannya, yakni bisa digunakan untuk transfer file, remote print, serta chatting.

Bila Anda memilih versi Plus, maka akan mendapatkan tambahan fitur dukungan dalam jaringan Ad-Hoc serta Remote Wake Up PC. Dan untuk keamanannya, aplikasi ini juga telah dilengkapi dengan enkripsi TLS dan AES.

  1. Aero Admin

Aero Admin yaitu aplikasi Remote Desktop yang berfungsi sebagai admin atau komputer klien. Dimana fungsinya tak hanya digunakan sebagai remote desktop saja, namun juga secara otomatis aplikasi ini akan mendeteksi konfigurasi jaringan Anda. Artinya adalah apakah komputer yang Anda gunakan berada pada satu jaringan LAN yang berbeda atau tidak.

Untuk penggunaanya, tentunya bisa digunakan untuk edit, tambah, copy, serta menghapus file. Dan dari segi keamanan, aplikasi ini menggunakan enkripsi RSA dan AES yang sangat aman untuk melakukan transfer data.

  1. Gmote

Aplikasi lainnya yang bisa digunakan sebagai remote desktop adalah Gmote. Dimana aplikasi ini bermanfaat untuk menjalankan berbagai perintah yang ada pada komputer. Seperti menghapus, mengedit, menambah, serta transfer data. Selain itu, dalam segi keamanan, aplikasi ini juga memiliki enkripsi RSA dan AES. Sehingga data Anda akan diamankan dengan baik.

Penggunaan Remote Desktop ini tentunya tak hanya sebagai pengganti mouse yang rusak saja.  Namun juga akan mempermudah pekerjaan Anda, misalnya dalam bidang multimedia seperti yang telah dijelaskan diatas. Jadi, bagi Anda yang tidak mengalami kerusakan muse sekalipun, tetap bisa menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *