Apakah Anda termasuk orang yang menganggap bahwa iOS dan Android itu sama? Jika melihat fungsinya, kedua sistem operasi ini bisa dikatakan sama. Apalagi keduanya merupakan sistem operasi untuk telepon pintar yang sama-sama digandrungi oleh masyarakat di dunia.

Namun, tahukah Anda jika kedua sistem operasi ini berbeda lo. Lantas apa perbedaan yang dimiliki oleh kedua sistem operasi ini? Untuk Anda yang udah kepo dengan perbedaan Android dan iOS ada baiknya jika Anda perlu tahu pengertiannya terlebih dahulu.

Android merupakan sebuah sistem operasi yang berbasis mobile layaknya iOS, hanya saja jika Android ini berbasis Linux yang memang dirancang untuk handphone layar sentuh seperti smartphone. Awalnya, perangkat Android mulai dikembangkan oleh Android inc, namun pada tahun 2005, Android dibeli oleh Google.

Hingga pada tahun 2007 Android mulai diperkenalkan secara umum ke seluruh masyarakat di dunia. sedangkan di tahun 2008 lah Android mulai diperjual belikan secara bebas.

Sedangkan iOS adalah sebuah sistem operasi yang berbasis mobile yang diciptakan serta dikembangkan oleh perusahaan Apple. Hanya saja, OS ini hanya digunakan untuk produk iPhone yang dikembangkan oleh perusahaan Apple saja.

Perangkat iOS sendiri mulai diluncurkan sejak tahun 2007 pada perangkat iPod touch dan iPhone. Dengan demikian maka OS yang satu ini memiliki sifat yang non Komersial. Hal ini juga yang membuat OS ini tidak bisa diinstal ada sebarang perangkat keras selain Apple.

Lantas, Apa Perbedaan iOS dengan Android?

Ada banyak sekali perbedaan yang dimiliki iOS dan Android meskipun keduanya sama-sama sistem operasi. Adapun perbedaan ya bisa dilihat dari beberapa segi seperti di bawah ini.

  1. Dilihat Dari Segi OS-nya

Jika dilihat dari segi OS-nya, android dan iOS memiliki perbedaan yang sangat terlihat. Android merupakan sebuah perangkat dimana softwarenya bersifat komersial. Sehingga bisa diinstal ada perangkat keras apapun. Sedangkan iOS softwarenya bersifat non komersial yang mana tidak bisa diinstal pada perangkat keras lain kecuali Apple.

  1. Dilihat Dari Segi Design

Dari segi desain, maka iOS agaknya lebih menang jika dibandingkan dengan Android. Sebab design yang ditawarkan oleh iOS sangatlah elegan karena dibuat dengan menggunakan bahan dasar kaca yang khusus.

Sedangkan pada Android design yang diberikan tergantung dari perusahaan handphonenya sendiri. Biasanya untuk bahan yang digunakan terbuat dari bahan plastik khusus.

Dilihat Dari Segi Grafik

Untuk grafiknya, seperti grafik yang ditawarkan oleh iOS lebih bagus, sebab iOS menawarkan layar yang jernih. Sedangkan pada android untuk kejernihan layar tergantung dari pihak perusahaannya. Namun, untuk versi Android KitKat tampilan layarnya sudah bagus dan jernih meskipun tidak sejernih iOS.

  1. Dilihat Dari Segi Hardware

Perbedaan lain antara iOS dan android bisa dilihat dari segi hardwarenya. Hardware yang digunakan oleh iOS ternyata kalah jika dibandingkan dengan android. Ini karena hardware yang dimiliki oleh android kualitasnya hampir sama dengan hardware yang dimiliki oleh notebook.

  1. Dilihat Dari Segi Processor

Untuk masalah processor, ternyata android menang lebih unggul dibandingkan dengan iOS. Mengapa? Karena iOS hanya menggunakan processor Dual Core untuk versi terbaru. Sedangkan pada versi terbaru android sudah menggunakan Quad Qore dimana processor ini dua kali lipat dibandingkan dengan Dual Core.

  1. Dilihat Dari Segi Game

Untuk masalah game, ternyata iOS lebih unggul dibandingkan android. Ini karena grafik yang ditawarkan oleh iOS jauh lebih baik dibandingkan dengan Android. Selain itu, karena hardwarenya dibuat khusus, sehingga saat memainkan game tidak perlu mengkhawatirkan kualitasnya.

Sedangkan pada Android ada beberapa game yang tidak bisa dijalankan karena pengaruh hardware yang dimiliki. Ini karena hardware pada android bersifat komersial yang bisa digunakan ada apa saja.

  1. Kapasitas Memorinya

Jika dilihat dari segi kapasitas, untuk kapasitas memori hampir sama yakni tersedia untuk 8 GB, 16 GB, 32 Gb dan juga 64 Gb. Hanya saja pada iOS tidak ada tambahan memori eksternal yang bisa dipasang. Sedangkan pada android Anda bisa menambahkan memori eksternal di dalamnya.

  1. Dilihat Dari Segi Aplikasi

Untuk Anda yang suka dengan yang gratis, maka android akan jauh lebih unggul pada bagian aplikasinya. Sebab, kebanyakan aplikasi pada android bisa diunduh secara gratis di PlayStore. Sedangkan untuk iOS, hampir semua aplikasi yang ditawarkan merupakan aplikasi prabayar.

Sudah tahukah Anda apa saja perbedaan yang dimiliki oleh iOS dan Android. Kini bagi Anda yang masih bingung untuk pilih yang mana tidak perlu khawatir lagi. Sebab, keduanya sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *