Smartphone adalah barang berharga yang harus dijaga agar tetap awet. Bukan hanya untuk komunikasi saja, di dalam smartphone juga seringkali terdapat beberapa data yang penting. Sehingga Anda perlu menjaganya agar tidak mudah rusak.

Hal ini penting, sebab untuk membeli yang baru, Anda harus merogoh kocek hingga jutaan rupiah. Untuk itu, Anda bisa menyimak informasi berikut mengenai tips agar smartphone lebih awet. Langsung saja, ini dia ulasan lengkapnya:

  1. Membersihkannya Secara Berkala

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk menjaga smartphone lebih awet adalah dengan membersihkannya secara berkala. Caranya adalah menggunakan tisu kering ataupun yang telah ditetesi alkohol pada bagian luar smartphone. Hindari penggunaan tisu basah, air serta pembersih lain yang bisa membuat smartphone Anda menjadi rusak.

  1. Isilah Daya Sesuai Dengan Kebutuhan

Agar baterai smartphone lebih awet dan tidak mengalami overheating, Anda harus mengisi daya sesuai dengan kebutuhan. Jangan sampai terlalu lama nge-charge smartphone. Banyak orang yang mengisi daya pada malam hari sehingga ketiduran dan baru mencabutnya di pagi hari. hal ini dapat membuat baterai menjadi cepat rusak.

Meskipun saat ini ada fitur dalam smartphone yang memutus aliran listrik saat pengisian daya sudah selesai, tetapi ada baiknya untuk menghindari pengisian daya hingga semalaman.

  1. Menyimpannya di Tempat yang Aman

Jika tidak sedang digunakan, taruhlah smartphone pada tempat yang aman. Pastikan bukan tempat yang memungkinkan smartphone terjatuh atau terinjak. Yang lebih penting adalah menjauhkannya dari jangkauan anak-anak. Jika bisa diraih oleh anak-akan, mungkin akan terbanting. Sehingga mudah rusak.

Tempat yang aman untuk menaruh smartphone diantaranya di atas meja atau rak buku. Jangn pula menyimpannya pada wadah yang tertutup dalam waktu yang lama. Hal tersebut bisa menyebabkan daya tahan baterai menjadi singkat. Pun, akan memiliki resiko terbakar. Berbahaya sekali bukan?

  1. Memasang Casing dan Pelindung Layar

Saat ini ada berbagai jenis casing untuk smartphone Anda. Ada yang jenisnya hard case dan ada juga yang soft case. Selain bisa mempercantik tampilan smartphone, casing juga bisa membuat gawai Anda menjadi lebih awet. Sebab, bisa melindungi saat tidak sengaja terjatuh atau terbanting.

Sedangkan untuk melindungi layar dari goresan, Anda perlu memasang pelindung layar. Kedua aksesoris tersebut bisa Anda temukan dengan mudah di toko online ataupun toko fisik aksesoris gadget. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan serta budget Anda.

  1. Perhatikan Kondisi Baterainya

Memang, baterai smartphone letaknya cukup aman di dalam perangkat tersebut. sudah juga dilindungi dengan material plastik, metal, hingga kaca. Kendati demikian, pengguna harus memastikan bahwa kondisi baterai selalu kering. Jangan menelepon menggunakan smartphone di bawah hujan.

Selain itu, jangan makan atau minum di dekat smartphone, serta hindari untuk membawa smartphone pada tempat air yang terbuka seperti toilet dan pantai.

  1. Hindari Melakukan Hal yang Dapat Merusak Smartphone

Agar smartphone Anda lebih awet, hindari untuk melakukan kebiasaan yang dapat merusaknya. Diantaranya:

  • Menggunakan Smartphone Saat Mengisi Daya

Saat proses pengisian daya, smartphone Anda sudah menghasilkan banyak panas. Jika tetap digunakan untuk berbagai aktivitas, maka intensitas panasnya akan meningkat. Sehingga usia baterai bisa berkurang.

  • Tidak Menutup Aplikasi

Setelah digunakan, aplikasi tidak serta merta dapat menutup sendiri, melainkan berjalan di belakang layar. Dengan begitu, maka aplikasi akan bekerja terus menerus dan mengambil daya baterai. sehingga smartphone menjadi cepat rusak.

  • Terlalu Sering Main Games

Meskipun cukup asyik dan menghibur, nyatanya bermain games terlalu sering dan lama dapat membuat smartphone suhunya meningkat. Jika hal ini terus menerus dilakukan maka akan membuat baterai cepat rusak.

  • Sering Menggunakan Smartphone Pada Ruangan Pengap

Jika smartphone sering digunakan pada ruangan seperti kamar tanpa ventilasi. Maka akan menyebabkan smartphone cepat rusak. Sebab, suhu panas pada ruangan akan menyebabkan kenaikan suhu juga pada smartphone.

Itulah beberapa hal yang membuat smartphone Anda menjadi lebih awet. Ingat poin-poin di atas. Terutama pada poin ke-enam, yaitu menghindari kebiasaan yang merusak smartphone. meskipun segala upaya telah dilakukan untuk membuat smartphone tetap awet, jika Anda masih melakukan kebiasaan buruk. Maka, usaha Anda akan sia-sia saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *